Update

Tuesday, July 3, 2018

Pengertian Internet Secara Umum Berdasarkan Para Ahli


Definisi internet secara umum

Internet atau abreviasi dari Interconnection Networking sanggup didefenisikan sebagai suatu jaringan komputer yang terhubung satu sama lain memakai sistem standar transmission control protocol/Internet Protocol (TCP/IP) yang berfungsi untuk menghubungkan dengan seluruh komputer yang ada di seluruh dunia.

Internet ialah suatu jaringan komputer yang mempunyai fungsi untuk menghubungkan jutaan hingga miliaran komputer di seluruh dunia. Ketika suatu komputer terhubung dengan internet, maka komputer tersebut akan masuk dalam jaringan global yang saling terhubung dengan komputer lain yang juga terhubung dengan internet.

Internet dulunya merupakan proyek Departemen Pertahanan Amerika Serikat yang berjulukan ARPANET. Proyek tersebut bertujuan untuk menghubungkan seluruh komputer yang terdapat di tempat vital untuk sanggup mendeteksi serangan nuklir. Tidak hanya itu, proyek tersebut juga dipakai ARPANET dengan tujuan untuk menghindari data yang hanya terpusat di satu tempat saja. Tetapi selanjutnya proyek dari ARPANET ini tidak hanya dipakai untuk hal-hal yang menyangkut wacana kemiliteran saja. Tetapi juga mulai dikembangkan untuk hal-hal umum yang menyangkut universitas atau perusahaan sehingga ARPANET mengalami perkembangan pesat dan mulai banyak digunakan.

Setelah ARPANET banyak dipakai oleh banyak kepentingan lainnya, maka kemudian ARPANET tersebut dipecah menjadi dua yaitu MILNET yang diperuntukan untuk keperluan militer dan juga DARPA Internet yang diperuntukan untuk keperluan umum. DARPA Internet kemudian lebih dipersingkat namanya menjadi Internet saja dan nama tersebut dipakai hingga sekarang. Tentunya, hingga ketika ini internet telah mengalami banyak sekali perkembangan pesat yang banyak dipakai dalam banyak sekali bidang di dunia pendidikan, pemerintahan, perbankan, bisnis dan lain sebagainya.

Pengertian internet berdasarkan para mahir

Berikut ini merupakan pengertian internet berdasarkan para mahir :

1. Lani Sidharta (1996)

Lanu Sidharta memaparkan bahwa internet yang ditinjau secara fisik merupakan interkoneksi antarjaringan komputer yang menjadi sumber daya. Internet berisikan banyak isu yang bisa digambarkan menyerupai database atau perpustakaan multimedia yang lengkap dan juga besar. Sidharta juga menambahkan bahwa internet merupakan dunia dalam bentuk lain atau maya alasannya ialah di dalamnya berisi seluruh aspek kehidupan yang ada di dunia faktual menyerupai bisnis, hiburan, komunikasi dan lain sebagainya.

2. Oetomo (2002)

Pengertian internet berdasarkan Oetomo ialah suratu jaringan komputer yang sangat besar dan terdiri atas beberapa jaringan kecil yang terhubung satu sama lain dengan jaringan lainnya yang ada di seluruh dunia.

3. Strauss, El-Ansary dan Frost (2003)

Sedangkan Strauss, El-Ansary dan Frost mendefinisikan internet sebagai suatu jaringan komputer yang saling terhubung dengan jaringan lainnya yang ada di seluruh dunia. Komputer yang terhubung ini sanggup bertukar data dengan komputer lainnya yang ada seluruh dunia asalkan masih berada dalam satu jaringan global.

4. O'Brien (2003)

O’Brien menjelaskan bahwa internet merupakan suatu jaringan komputer yang mengalami perkembangan pesat dari jutaan bisnis dalam banyak sekali bidang menyerupai pendidikan, pemerintahan dan bidang-bidang lainnya dan saling terhubung dengan miliaran pengguna lain yang terdapat di lebih dari 200 negara.

5. Allan (2005)

Allan menyatakan bahwa internet merupakan kumpulan jaringan komputer yang saling terhubung secara fisik dan mempunyai kemampuandalam membaca dan menguraikan protocol komunikasi yang biasa disebut dengan Internet Protocol (IP) dan Transmission Contol Protocol (TCP). Protokol-protokol tersebut berperan sebagai standar transmisi data atau juga bisa diartikan dalam spesifikasi sederhana bagaimana suatu komputer sanggup saling melaksanakan pertukaran informasi.

6. Turban, Reiner dan Potter (2005)

Turban, Rainer dan Potter menyatakan bahwa internet merupakan suatu jaringan yang sangat besar dan bisa menghubungkan jaringan komputer lainnya baik jaringan komputer organisasi, bisnis, pemerintah atau sekolah-sekolah yang tersebar di seluruh penjuru dunia dengan sangat cepat.

7. Onno W. Purbo (2005)

Berdasarkan penuturan dari pakar internet Indonesia, Onno W Purbo, internert ialah suatu media yang biasa dipakai untuk mengefesiensikan proses komunikasi menyerupai web, VoIP, E-mail dan lainnya.

8. Tim peneliti dan pengembang wahana komputer (2005)

Selanjutnya berdasarkan tim dari peneliti dan pengembangan wahana komputer internet memaparkan bahwa internet merupakan metode yang dipakai untuk menghubungkan banyak sekali macam komputer ke dalam sebuah jaringan global melalui protocol yang disebut dengan Transmission Control Protocol (TCP) / Internet Protocol(IP).

9. Sibero (2011)

Sedangkan Sibenerno mengungkapkan bahwa internet merupakan suatu jaringan komputer yang sanggup mengubungkan antarkomputer secara global atau biasa disebut dengan jaringan dunia alasannya ialah mempunyai cakupan yang sangat luas.

10. Sarwono (2012)

Sarwono juga menjelaskan bahwa internet merupakan sekumpulan jaringan yang berskala dunia dimana tidak ada satu orang pun baik itu orang, kelompok atau organisasi yang mempunyai tanggung jawab untuk bisa menjalankan internet.

Demikianlah ulasan mengenai internet, biar sanggup membantu Anda dalam memahami pengertian internet secara umum dan berdasarkan para ahli.

11. Harjono (2009)

Harjono mengungkapkan bahwa Internet sanggup didefinisikan sebagai suatu kumpulan banyak komputer yang jumlahnya bisa mencapai hingga jutaan komputer yang ada di seluruh dunia dan saling berafiliasi dan terkoneksi satu sama lainnya. Suatu komputer bisa saling terkoneksi satu sama lain jikalau ada suatu media yang sanggup menghubungkan antarkomputer tersebut. Media yang biasa dipakai untuk menghubungkan komputer tersebut ialah kabel/serat optic, satelit atau melalui sambungan telepon.

12. Ramdhani (2003)

Ramdhani dalam modul pembelajaran Internetnya menyebutkan bahwa Internet ialah suatu sebutan untuk sekumpulan jaringan komputer yang sanggup menghubungkan banyak sekali situs akademik, pemerintahan, komersial, organisasi hingga dengan perorangan. Lebih lengkap lagi Ramdhani memaparkan bahwa Internet mempunyai kemampuan untuk bisa menyediakan banyak sekali saluran untuk layanan telekomunikasi dan juga banyak sekali macam sumber daya isu untuk jutaan penggunanya yang ada di seluruh dunia.

Ramdhani menyampaikan bahwa internet mempunyai banyak sekali macam layanan. Adapun jenis-jenis dari layanan internet mencakup komunikasi secara eksklusif menyerupai contohnya email, chatting, Usenet News, email, dan juga milis, serta sumber daya isu yang terdistribusi (World Wide Web, Gopher), remote login dan kemudian lintas file (Telnet, FTP), dan aneka layanan lainnya.

13. Lutfi SY

Dalam modulnya yang berisikan wacana teknologi informasi, Lutfi menyebutkan bahwa Internet merupakan suatu jaringan komputer yang saling terhubung satu sama lain dan sangat memungkinkan penggunakanya untuk bisa bertukar isu atau data melalui jaringan global tersebut.

Lebih lanjut lagi, Lutfi menyebutkan bahwa Internet merupakan suatu sistem komunikasi data yang berskala global dan tersusun dari suatu infrastruktur menyerupai hardware dan juga software yang bisa menghubungkan komputer di dalam jaringannya.

14. Berners Lee

Pencipta konsep WWW yakni Berners Lee mengungkapkan defenisi internet yaitu merupakan suatu jaringan yang terdiri atas beberapa jaringan, dimana hal ini terang sangat merunjuk pada konsep suatu jaringan komputer tertentu atau lokal yang bisa saling terhubung ke suatu jaringan lainnya.

Berners Lee, yang membuat konsep WWW menyebutkan bahwa internet merupakan sebuah jaringan yang terdiri dari beberapa jaringan. Hal ini terang merujuk pada konsep dimana suatu jaringan compute tertentu, atau jaringan local juga bisa terhubung ke dalam suatu jaringan lainnya.

15. Federal Networking Council

Federal Networking Council (FNC) menjelaskan bahwa ineternt merupakan suatu sistem isu yang secara global dan logis dihubungkan dengan satu alamat unik yang berdasarkan pada internet protocol (IP). Baca: Pengertian,Fungsi Dan Unsur-Unsur Manajemen Menurut Para Ahli 
Sumber http://seputarpendidikan003.blogspot.com