Update

Saturday, August 3, 2019

Mau Uji Nyali? Kunjungi 8 Daerah Menakutkan Di Solo Ini

Apa yang Anda ingat ketika mendengar nama kota “Solo? Mungkin Keraton Solo atau mungkin Serabi Solo? Akan tetapi, kali ini Bacaterus tidak akan membahas wacana tempat wisata atau jajanan khas Solo, melainkan kami akan membahas seputar tempat angker di Solo yang menjadi momok bagi masyarakat sekitar.


Hampir di setiap wilayah niscaya ada yang namanya tempat angker. Pun begitu dengan Kota Solo. Di balik keramahan masyarakatnya, ternyata ada sejumlah tempat yang dianggap horror oleh masyarakat setempat. Penasaran? Mari ikuti kami mengunjungi 8 tempat angker di Solo.


8 Tempat Paling Angker di Solo


1. Gamelan Lokananta


Apa yang Anda ingat ketika mendengar nama kota  Mau Uji Nyali? Kunjungi 8 Tempat Angker di Solo Ini

* sumber: nglarasgending.blogspot.co.id


Lokananta yakni tempat rekaman para musisi yang sudah ada semenjak puluhan tahun yang lalu. Selain menjadi studio rekaman, ternyata Lokananta juga menjadi tempat penyimpanan gamelan tua. Sayangnya, gamelan tersebut hanya teronggok di sudut salah satu ruangan Lokananta.


Menurut pengelola tempat ini, ketertarikan belum dewasa muda zaman kini terhadap gamelan memang sudah berkurang sehingga gamelan renta tersebut nampak terabaikan. Namun, meskipun tidak ada belum dewasa muda yang memainkan gamelan tersebut, berdasarkan warga setempat gamelan itu kerap kali berbunyi sendiri di malam-malam tertentu.


Suara gamelan itu terdengar terang dari ruangan penyimpanan gamelan di Lokananta. Padahal, tidak ada seorang pun yang berada di Lokananta ketika gamelan itu berbunyi.


2. Rel Bengkong Slamet Riyadi


Apa yang Anda ingat ketika mendengar nama kota  Mau Uji Nyali? Kunjungi 8 Tempat Angker di Solo Ini


Kalau Anda melintas di sentra Kota Solo, terutama di Jalan Slamet Riyadi, Anda akan menemukan sebuah tikungan perlintasan kereta api yang benar-benar melintas di jalan yang berada di sentra kota. Hal ini tidak lazim mengingat biasanya rel kereta api tidak berada di sentra kota. Mengingat lokasi rel kereta api yang ekstrem ini, maka banyak sekali bencana kecelakaan yang merenggut korban jiwa di tempat ini.


Cerita misteri mengenai tempat angker di Solo yang satu ini juga tak habis begitu saja. Pasalnya, di malam hari banyak pengendara yang melihat penampakan mahluk astral di sekitar perlintasan kereta api ini. Konon, penampakan tersebut yakni arwah dari pekerja paksa yang dulu menciptakan rel kereta api ini atau korban kecelakaan yang meninggal di sini.


3. Universitas Negeri Sebelas Maret


Apa yang Anda ingat ketika mendengar nama kota  Mau Uji Nyali? Kunjungi 8 Tempat Angker di Solo Ini

* sumber: uns.ac.id


Berbicara soal kampus terbaik di Solo, Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) merupakan salah satu kampus terbaik yang ada di Solo. Banyak mahasiswa yang tiba dari luar Solo untuk menempuh pendidikan di kampus ini. Akan tetapi, selalu ada dongeng mistis di setiap kampus atau sekolah, bukan?


Cerita mistis berawal dari fakultas pertanian dan kedokteran yang letaknya tak jauh dari Bukit Kendil. Beberapa mahasiswa dari kedua fakultas tersebut mengaku pernah melihat penampakan kereta kencana dan kusir gaibnya. Bahkan, adakala juga muncul penampakan perempuan dengan rambut panjang terurai.


Lain lagi dengan dongeng horror dari fakultas hukum. Di salah satu ruangan fakultas ini sering terdengar bunyi gaduh menyerupai aktivitas belajar-mengajar, padahal ketika itu sudah lepas tengah malam.


4. Taman Balekambang


Apa yang Anda ingat ketika mendengar nama kota  Mau Uji Nyali? Kunjungi 8 Tempat Angker di Solo Ini

* sumber: ksmtour.com


Sempat menjadi tempat uji nyali bagi salah satu reality show misteri dari stasiun TV nasional, Taman Balekambang dinilai angker bagi masyarakat setempat. Namun, penggunaan Taman Balekambang sebagai lokasi syuting uji nyali program televisi tersebut dikecam alasannya sanggup menjatuhkan stigma taman yang sering dijadikan tempat pementasan wayang orang alias ketoprak tersebut.


Meskipun mendapat kecaman, hampir sebagain masyarakat Solo sudah mengetahui bahwa Taman Balekambang memang populer angker. Bahkan, bukan sekali dua kali saja pengunjung taman ini mendapat interaksi dari mahluk astral penghuni tempat ini.


5. Bekas Mess Arseto Solo


Apa yang Anda ingat ketika mendengar nama kota  Mau Uji Nyali? Kunjungi 8 Tempat Angker di Solo Ini

* sumber: joglosemar.co


Bangunan yang sudah berdiri semenjak tahun 1977 ini dulunya digunakan sebagai mess bagi klub sepakbola Arseto. Sayangnya, mess ini menjadi bangunan mangkrak yang ditinggalkan. Konon, peristiwa gantung diri yang pernah terjadi di mess inilah yang menjadi alasan mengapa ketika ini mess tersebut ditinggalkan begitu saja.


Keangkeran bangunan ini menciptakan tim uji nyali dari reality show mistis yang tayang di televisi nasional berminat untuk mengakibatkan Bekas Mess Arseto Solo ini sebagai lokasi uji nyali. Akan tetapi, usul tersebut ditolak oleh beberapa pihak dengan alasan mengutamakan keselamatan penerima uji nyali.


Seseram itukah bekas mess Arseto Solo ini sampai-sampai tidak sanggup digunakan untuk syuting program uji nyali? Selain itu, banyak warga setempat yang mengaku pernah melihat penampakan hantu perempuan berpakaian suster di sekitar bangunan terbengkalai ini.


6. Pabrik Tua Gembongan


Apa yang Anda ingat ketika mendengar nama kota  Mau Uji Nyali? Kunjungi 8 Tempat Angker di Solo Ini

* sumber: www.solopos.com


Di daerah Gembongan, Kartasura, Sukorharjo, terdapat sebuah pabrik tembakau yang dibangun pada zaman penjajahan Belanda. Bangunan pabrik ini memang sudah dibiarkan usang terbengkalai, tetapi ada yang menyampaikan bahwa pabrik tersebut menjadi gudang penyimpanan bagi salah satu pabrik rokok di Solo.


Mengingat kondisinya pabrik ini yang kosong, lembab, dan tidak terjamah oleh manusia, maka tak heran kalau pabrik renta ini menjadi lokasi favorit bagi mahluk astral. Penampakan yang sering terlihat di salah satu tempat angker di Solo ini antara lain yakni hantu belum dewasa yang kerap bermain di dalam pabrik meskipun sudah larut malam.


7. Taman Sekartaji


Apa yang Anda ingat ketika mendengar nama kota  Mau Uji Nyali? Kunjungi 8 Tempat Angker di Solo Ini

* sumber: www.skyscrapercity.com


Sekilas tak ada yang asing dari Taman Sekartaji. Taman ini nampak sama dengan taman-taman kota lainnya. Dari pagi hingga sore hari taman ini selalu ramai pengunjung dari aneka macam usia. Pengunjung taman ini ada yang sedang duduk-duduk saja, bermain, atau berolahraga.


Di balik keramaian yang terjadi pada Taman Sekartaji semenjak pagi hingga sore hari, malam hari taman ini mempunyai suasana angker yang cukup kental.


Hal tersebut seakan diaminkan oleh penjaga taman ini yang menuturkan bahwa “penunggu” mistik taman ini memang cukup banyak. Ada sosok perempuan yang diyakini sebagai kuntilanak di salah satu pohon besar. Kemudian, ada juga beberapa mahluk halus yang bertempat tinggal di belakang tembok yang bertuliskan “Taman Sekartaji”


8. Solo Paragon Hotel


Apa yang Anda ingat ketika mendengar nama kota  Mau Uji Nyali? Kunjungi 8 Tempat Angker di Solo Ini


Tak ada yang menyangka bahwa hotel bintang 4 yang cukup glamor ini juga masuk dalam daftar tempat angker di Solo. Yang menciptakan Solo Paragon Hotel dicap angker bagi masyarakat sekitar yakni sejarahnya sebelum menjadi hotel. Dulu tempat ini merupakan rumah sakit yang sudah berdiri semenjak zaman Belanda.


Meskipun kini bangunannya dirombak menjadi hotel glamor tapi kisah mistis tetap menaungi tempat ini. Beberapa pengunjung hotel mengaku sering mendengar bunyi tangisan perempuan, sofa kamar yang tiba-tiba bergeser, dan sejumlah peristiwa ganjil lainnya. Hmm.. Apakah Anda berani mencoba menginap di hotel ini?


Itulah 8 tempat angker di Solo yang cocok digunakan menjadi lokasi uji nyali. Apakah Anda berani mencoba berkunjung dan beruji nyali di tempat-tempat tersebut? Pada dasarnya, semua tempat memang mempunyai “penunggu” masing-masing. Akan tetapi, tidak semua “penunggu” mengganggu manusia. Sebagai manusia, kita memang harus hidup berdampingan dengan mahluk dari alam lain.



Sumber https://bacaterus.com