Update

Sunday, September 17, 2017

√ Pengertian Letter Of Credit Adalah: Fungsi Dan Jenisnya

Definisi Umum Lettter of Credit


Pengertian letter of credit merupakan sebuah surat pernyataan yang dikeluarkan oleh issuing bank atas undangan impoter atau pembeli yang ditunjukan ke[ada eksportir atau penjual melalui comfoming bank.


Bank akan menyatakan bahwa issuing bank tersebut yang akan membayar uang dalam jumlah tertentu, kalau semua syarat yang ditetapkan sudah terpenuhi. Kaprikornus surat ini diberikan bank untuk mempermudah proses transaksi. Surat pernyataan ini juga disebut dengan documentary credit.


Fungsi Lettter of Credit


Ada berbagai fungsi dari letter of credit ini. Fungsi yang utama untuk memperlihatkan jaminan kepada importir atau eksportir, supaya pengiriman barang dilakukan dengan mudah.


Asalkan sesuai dengan janji yang ada. Pada ketika menciptakan surat pertanyataan ini, bank wajib mengecek semua dokumen yang disepakati oleh L/C. Tetapi bank tidak mempunyai tanggung jawab terhadap semua kondisi perihal barang tersebut.


Jenis Letter of Credit


Mungkin anda belum memahami perihal pengertian letter of credit. Supaya lebih jelas, anda harus tahu apa saja jenis dari letter of credit itu sendiri. Jenisnya sangat banyak sekali. Sesuai dengan tujuan dari surat pernyataannya. Misalnya untuk jenis revocable letter of credit. Jenis ini sanggup dibatalkan atau diubah sepihak oleh pihak importir atau bank pembuka. Walaupun tidak mendapat persetujuan terlebih dahulu.


Lalu untuk irrcovcable letter of credit merupakan surat pernyataan yang tidak sanggup diubah tanpa adanya persetujuan dari semua pihak yang terlipat. Kaprikornus tidak sanggup menetapkan secara sepihak.


Selain itu masih jenis sight letter of credit, usuance letter of credit, restricted letter of credit dan masih banyak lainnya. Setiap jenis letter of credit mempunyai syarat dan ketentuan yang berbeda-beda. Kaprikornus anda harus memperhatikannya dengan sebaik mungkin.


Buat anda yang ingin menciptakan surat pernyataan ini, harus paham perihal pengertian letter of credit dan juga jenisnya. Harus diadaptasi dengan kebutuhan. Sekian artikel ini, biar bermanfaat.




Sumber aciknadzirah.blogspot.com