Update

Tuesday, October 24, 2017

√ Pengertian Intervensi Adalah: Contoh, Efek Negatif Dalam Politik

Definisi Umum Intervensi


Berikut yaitu pengertian intervensi yang mempunyai arti sebagai ikut campur dari suatu negara terhadap urusan dari negara lain yang sudah terang bukan urusannya. Campur tangan berlebih pada bidang politik, social, ekonomi dan budaya sehingga mengakibatkan suatu hal yang tidak baik juga dapat disebut sebagai intervensi.


Kehidupan bernegara tidak pernah dapat lepas dengan yang namanya politik. Politik menjadi suatu bab yang sangat penting untuk menjalankan suatu negara. Ketika kita mempelajari mengenai politik, akan ada banyak istilah yang muncul. Salah satu istilah dalam bidang politik yang sering muncul yaitu intervensi. Banyak yang belum tahu mengenai arti intervensi.


Contoh Intervensi


Anda yang sudah mengetahui pengertian dari intervensi, selanjutnya dapat mengetahui teladan dari tindakan yang masuk dalam kategori tindakan intervensi. Contoh tindakan intervensi yang pertama yaitu ikut campur suatu negara dalam suatu pertikaian dari dua negara, melaksanakan embargo pada suatu negara yang sedang dimusuhi, melaksanakan blockade pada negara yang sedang perang, dan masih banyak lagi teladan lainnya.


Ada beberapa teladan negara yang sering melaksanakan intervensi menyerupai amerika serikat, inggris, belanda dan juga perancis.


Dampak Negatif Intervensi


Intervensi yang dilakukan oleh suatu pihak dapat mengakibatkan hal hal yang kurang baik. Ikut campur dalam urusan orang lain yang terang jelas sedang bertikai bila niatnya bukan untuk mendamaikan maka dapat disebut sebagai intervensi.


Ikut campur yang berlebihan justru dapat memperkeruh suatu keadaan yang sedang tidak baik. Oleh alasannya itu,intervensi sesungguhnya tidak dianjurkan untuk dilakukan oleh suatu negara.


Namun ternyata ada negara yang bahagia melaksanakan intervensi. Tentu ada niat tersembunyi dibalik semua itu. Pengertian intervensi ini dapat membuka wawasan warga negara supaya dapat lebih berhati hati bila ternyata ada yang melaksanakan intervensi.


Negara yang mendapat intervensi dari suatu negara alasannya ada kepentingan tertentu dibalik intervensi maka dapat sangat membahayakan keutuhan negara.


Setiap warga negara harus dapat untuk menjaga keutuhan negara dan mempertahankan kesatuan negara supaya tidak gampang di serang dengan intervensi. Pengertian intervensi memang sangat baik untuk diketahui alasannya dengan mengetahuinya, masyarakat dapat lebih paham ancaman dari intervensi dan maksud dari intervensi itu sendiri.




Sumber aciknadzirah.blogspot.com